Biaya SKCKSKCK

Ternyata Ini Cara Mudah Legalisir SKCK Dan Rincian Biayanya

Ternyata Ini Cara Mudah Legalisir SKCK Dan Rincian Biayanya – Berikut adalah cara mudah Kak Bayu untuk melegalisir atau mencap stempel legalisir SKCK beserta biayanya yang diperuntukkan untuk anda yang ingin melamar sebagai CPNS, pejabat negara, melamar pekerjaan ataupun untuk keperluan lainnya.

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk Legalisir SKCK?

  1. Membawa SKCK Asli beserta Fotokopinya sejumlah yang diinginkan untuk dilegalisir
  2. Mendatangi kantor polisi dikeluarkannya SKCK tersebut apakah dari Polsek, Polres ataupun Polda
  3. Meminta cap stempel legalisir kepada bagian SKCK
  4. Menunggu beberapa saat dan selesai

Cara Legalisir SKCK Ke Polsek Polres Atau Polda

1. Membawa SKCK Asli dan Fotokopinya

Hal yang paling mendasar dan utama pada saat hendak melegalisir SKCK adalah dengan membawa SKCK Asli yang masih aktif masa berlakunya. Hal ini dapat dilihat di bagian bawah dimana masa aktif SKCK biasanya adalah 6 bulan yang dimulai saat pertama kali membuat SKCK.

Jika masa berlaku SKCK sudah tidak aktif atau mati maka harus diperpanjang karena percuma jika fotokopinya hendak dilegalisir tapi masa berlakunya sudah habis.

Untuk jumlah fotokopi SKCK yang hendak di cap stemple disesuaikan dengan jumlah yang dibutuhkan tapi umumnya adalah 5 sampai 10 lembar saja.

2. Datang Ke Kantor Polisi Tempat Dikeluarkannya SKCK Pada Jam Kerja

Poin yang kedua adalah dengan mendatangi kantor polisi dikeluarkannya SKCK tersebut. Hal ini dikarenakan pihak polisi hanya akan melegalisir SKCK yang dikeluarkan sesuai pembuatan SKCK. Contohnya jika hendak melegalisir SKCK dari Polsek maka pastikan SKCK dibuat di Polsek.

Atau saat hendak melegalisir SKCK Polda, maka pastikan SKCK Aslinya adalah yang dibuat di Polda. Jika salah membawa SKCK Asli dan fotokopinya, maka pihak kepolisian tidak akan melegalisir karena tidak sesuai dengan ketentuan.

3. Menyerahkan SKCK Asli dan Fotokopi Kepada Bagian SKCK

Jika sudah benar data SKCK asli dan fotokopinya masih aktif dan sesuai dengan tempat pembuatannya, maka selanjutnya adalah menyerahkannya kepada bagian SKCK.

Tunggu beberapa saat karena tidak terlalu lama untuk melegalisir SKCK. Syukur syukur tidak mengantri lama.

4. Menunggu Legalisir SKCK dan Selesai

Setelah menunggu, maka pihak bagian SKCK akan memberikan kembali kepada anda SKCK asli beserta fotokopian SKCK yang sudah dilegalisir.

Lantas berapakah Biaya untuk Legalisir SKCK?

Ternyata untuk biaya legalisir SKCK tidak memerlukan biaya sedikit pun alias gratis. Karena yang dipungut biaya hanya pada saat anda membuat atau mendaftar SKCK Baru ataupun memperpanjang SKCK.

Apakah Bisa Legalisir SKCK Polsek Ke Polda atau Polres?

Seperti yang disebutkan diatas bahwa SKCK yang dilegalisir hanya bisa dilakukan sesuai dengan tempat dikeluarkan atau dibuatnya SKCK tersebut. Jadi jika anda membuat SKCK Baru di Polsek, maka legalisirnya hanya bisa di Polsek. Begitu pun jika anda membuat SKCK di Polda, legalisirnya hanya bisa dilakukan di Polda.

Selain itu legalisir SKCK juga hanya bisa dilakukan di kota tempat pembuatan SKCK tersebut. Jadi jika anda membuat SKCK di Polda Jawa Barat, maka anda hanya bisa melegalisirnya di Polda Jawa Barat saja dan tidak bisa dilakukan di daerah lain.

Demikian penjelasan singkat tentang Cara Mudah Legalisir SKCK Dan Rincian Biayanya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button